Pentingnya Sistem Dalam Bisnis

Silahkan jawab pertanyaan ini mengenai Sumber Daya Manusia :

  1. Apakah Sumber Daya Manusia sudah seusai dengan harapan di bisnis anda ?
  2. Apakah sudah memiliki cara menyeleksi Sumber Daya Manusia yang cocok dengan bisnis anda ?
  3. Apakah Sumber Daya Manusia dalam  bisnis anda belum mumpuni ?
  4. Apakah bisnis anda masih mengalami ketergantungan kepada Sumber Daya Manusia yang telah ada dan takut jika suatu saat bisa berpindah ke luar dari bisnis anda, atau bahkan ke kompetitor anda ?
  5. Apakah bisnis anda sudah bisa mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas berulang kali ?
  6. Apakah Sumber Daya Manusia yang ada dalam bisnis anda sudah bisa berjalan otomatis dengan pengawasan minimal ?

 

Pertanyaan diatas merupakan level pada posisi mana Sumber Daya Manusia dalam bisnis anda…
Ketika anda bisa menjawab sampai dengan no.4 dengan jawaban positif maka sudah dipastikan Sumber Daya Manusia yang anda miliki sangat baik, namun bagaimana jika tidak ?

Anda butuh sebuah sistem untuk mengatur Sumber Daya Manusia menjadi lebih baik dan lebih kuat, karena hal ini merupakan pondasi dasar dalam sebuah bisnis apapun, baik mulai dari skala kecil, menengah maupun atas.

 

Apakah sistem itu ?

Systema (bahasa Latin) merupakan suatu satu kesatuan komponen atau beberapa hal yang menjadi satu kesatuan yang memiliki kinerga yang saling melengkapi untuk mencapai satu tujuan.

Jadi SISTEM SUMBER DAYA MANUSIA adalah pola dimana bisa Mencari, Membentuk, Mempertahankan dan Meningkatkan Sumber Daya Manusia.

 

Mari kita bahas 4 LEVEL SISTEM SDM

LEVEL 1 : MENCARI

Hal ini berkaitan dengan SDM seperti apakah yang cocok dan bisa menjalankan bisnis anda dengan baik. Hal ini sangat berkaitan dengan pola Rekrutmen dan pola seleksi agar siapapun yang masuk memenuhi kriteria dan ekspektasi yang diharapkan.

Pertama, Anda harus bisa menciptakan kriteria spesifik untuk hal ini dan tentunya harus menyesuaikan dengan budaya dalam bisnis anda. Seringkali banyak bisnis hanya merekrut SDM yang punya skill tanpa memperhatikan budaya bisnis, akibatnya SDM hanya bertahan dalam hitungan bulan saja.

Contoh, bisnis anda memiliki budaya komunikasi, maka setiap SDM harus memiliki skill yang baik dalam bidangnya dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik pada apapun posisi dan level pekerjaaannya. Jadi yang memiliki skill saja akan tersisih.

Kedua, Anda harus memiliki alat atau tools untuk bisa melakukan seleksi awal orang yang akan masuk ke dalam bisnis anda. Bisa berupa alat tes psikologi, tehnik wawancara, tehnik pembuktian dan lainnya. Sehingga SDM yang masuk minimal memiliki kesamaan dengan kriteria dan pada akhirnya akan mudah dibentuk.

 

LEVEL 2 : MEMBENTUK

Ketika SDM sudah fix diterima dan masuk dalam bisnis anda, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembentukan.

Loh SDM ini kan sudah cocok dengan kriteria, sesuai budaya perusahaan dan punya skill, mengapa harus dibentuk lagi ?

BETUL !!!

Tetap saja SDM itu harus mengalami 2 fase awal agar menjadi lebih kuat dan menyatu. Fase tersebut adalah Orientasi atau pengenalan dengan semua hal yang berhubungan dengan bidang yang akan dikerjakan dan mengenai bisnis anda, hal ini bertujuan untuk mempercepat adaptasi sehingga bisa langsung ACTION. Selanjutnya adalah Training New Hire atau pelatihan awal untuk semua SDM yang baru masuk agar bisa lebih mengerti proses di bisnis anda dan bisa mempercepat target kerja yang akan dicapai.

 

LEVEL 3 : MEMPERTAHANKAN

Bisnis anda harus memiliki program untuk bisa memantau kinerja SDM dan mengetahui daya tahan (istilahnya loyalitas). Hal ini seringkali terbaikan, sehingga bisnis mengalami kegoncangan luar biasa ketika saat kondisi puncak SDM malah menurun kinerjanya atau bahkan hengkang, dan yang lebih parah lagi bisa ada pindah massal dari bisnis anda. Tentu anda ingin menghindari ini kan….

Pengikatan SDM hal yang umum hanya berdasarkan pada nominal saja ( gaji, bonus, insentif, komisi dan lainnya), padahal SDM merupakan manusia yang butuh pengikatan secara emosianal. Kalau emosionalnya sudah terikat maka jangan kaget SDM akan berjuang gila-gilaan, bahkan untuk bisa meledakkan bisnis ke level yang lebih dari sebelumnya.

Biasakan mengadakan program refreshment yaitu untuk penyegaran SDM anda sehingga nantinya mencaai posisi puncak kembali. Program ini bisa mengadakan Gathering, Outbond, Seminar atau Training yang berhubungan dengan soft skill yang bersifat fun. Jadi intinya tetap menyenangkan namun mempunyai makna yang dalam.

 

LEVEL 4 : MENINGKATKAN

Pada level ini anda harus memiliki sitem untuk bisa memilah dan memilih mana saja SDM ayang akan di booster atau untuk meningkatkan kemampuannya secara tajam.

Ya… Anda harus memiliki pola bagaimana untuk memilih SDM yang tepat, hal ini bisa menggunakan berbagai indikator seperti waktu, target, KPI dan lainnya.

Pasti anda memiliki sedikit kekhawatiran ketika anda meningkatkan kualitas SDM anda maka nantinya bisa keluar atau pindah ke kompetitor. Hal ini sangat mungkin terjadi, namun ketika anda memiliki sebuah sistem Pelatihan yang mampu meningkatkan serta mengikat, maka SDM anda justru akan lebih produktif untuk bisnis anda.

 

Semoga artikel ini bisa membawa manfaat bagi anda dalam menjalankan bsinis.

 

BAGI ANDA YANG INGIN MEMBENTUK SEBUAH SISTEM, MENGADAKAN SEMINAR, TRAINING, PELATIHAN, WORKSHOP, TALKSHOW, COACHING DAN CONSELING BISA HUBUNGI :

TELP / WA – 0853 1950 1199